MEMBANGUN KARAKTER GENERASI MUDA HINDU DENGAN MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIALMELALUI AJARAN TRI PARARTHA (Refleksi Perayaan Hari Raya Saraswati di Era Disrupsi)

  • 2024-01-03 15:40:18
  • andi
  • Artikel Ilmiah

Deskripsi Artikel
Agama HINDU
Judul Artikel MEMBANGUN KARAKTER GENERASI MUDA HINDU DENGAN MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIALMELALUI AJARAN TRI PARARTHA (Refleksi Perayaan Hari Raya Saraswati di Era Disrupsi)
Pengarang/Penulis Ida Bagus Gede Adi Putra Yadnya
Edisi 2023
Abstrak/Ringkasan Tulisan ini merupakan sebuah refleksi dan pemaknaan dari perayaan hari Saraswati ditengah perubahan jaman yang pesat. Terjadinya perubahan generasi yang mengakibatkan perubahan cara berpikir dan cara bekerja baru, menuntut juga dilakukan penyesuaian diri yang cepat. Kecepatan berespon dalah kunci keberhasilan diabad ke-21. Untuk mencapai keberhasilan ternyata membutuhkan dimensi lain disamping dimensi kecerdasan intelektual. Dimensi kecerdasan sosial menjadi salah satu komponen kunci. Kecerdasan sosial adalah kemampuan seseorang untuk memahami lingkungannya secara optimal dan bereaksi dengan tepat untuk sukses secara sosial. Intinya untuk dapat memenangkan persaingan global maka perlu memiliki karakter yang mengacu pada aspek-aspek kecerdasan sosial. Salah satu sumber nilai karakter itu berasal dari nilai ajaran agama. Agama Hindu memiliki banyak ajaran penting yang dapat digunakan sebagai acuan dalam membentuk karakter generasi muda, salah satunya dalah ajaran Tri Parartha. Ajaran ini mendeskripsikan tiga sikap dan perilaku utama serta mulai yang bertujuan untuk memuliakan orang lain dalam konteks interaksi sosial.
Subjek/Kata Kunci Karakter;generasi muda;ajaran hindu;tri parartha;kecerdasan sosial
Pengarang Tambahan
Tanggal Download 2024-01-03
Link Sumber https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/4499
File Digital