Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Siswa Kelas X SMAK St. Petrus Ende Tahun Ajaran 2019/2020

  • 2021-07-07 15:25:20
  • Bengsel
  • Artikel Ilmiah

Deskripsi Artikel
Agama KATOLIK
Judul Artikel Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Siswa Kelas X SMAK St. Petrus Ende Tahun Ajaran 2019/2020
Pengarang/Penulis Norbertus Labu
Edisi 2021
Abstrak/Ringkasan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karekteristik gaya belajar VAK (visual, auditorial, kinestetik) siswa atau peserta didik di tingkat SMA.Gaya belajar merupakan modalitas belajar yang sangat penting. Informasi yang berhubungan dengan karakteristik gaya belajar siswa sangat penting bagi guru sehingga guru dapat memilih strategi pembelajaran yang tepat, yang dengan demikian akan meningkatkan kualitas pembelajarannya. Siswa juga akan lebih mudah memotivasi dirinya dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian non-ekspereimen dan tergolong dalam penelitian deskriptif analitis kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAK St. Petrus Ende tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket/kuesioner yang diisi oleh subjek penelitian. Angket gaya belajar ini diisi 189 siswa kelas X SMAK St. Petrus Ende tahun ajaran 2019/2020. Hasil analisis gaya belajar siswa kelas Xa didominasi oleh gaya belajar auditorial (50%). Kelas Xb didominasi oleh gaya belajar auditorial (60,53%). Kelas Xc didominasi oleh gaya belajar auditorial (68,42%). Kelas Xd didominasi oleh gaya belajar gabungan visual dan auditorial (37,84%). Kelas Xe didominasi oleh gaya belajar auditorial (55,27%). Secara keseluruhan gaya belajar siswa kelas X SMAK St. Petrus Ende angkatan 2019/2020 didominasi oleh gaya belajar auditorial, yaitu sebesar 52,91%.
Subjek/Kata Kunci Gaya belajar;Visual;Auditorial;Kinestetik
Pengarang Tambahan
Tanggal Download 2021-07-07
Link Sumber https://jurnalppak.or.id/ojs/index.php/jppak/article/view/3
File Digital